Search

Pemberian Santunan Anak Yatim, Bahagia Bersama 1144 Tahun Kota Kediri

Pemberian Santunan Anak Yatim, Bahagia Bersama 1144 Tahun Kota Kediri

Bahagia Bersama 1144 Tahun Kota Kediri (27 Juli 2023), Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri memberikan santunan kepada ribuan anak yatim di Kota Kediri, Jumat (21/7/2023). Foto : A Rudy Hertanto

Pemberian santunan anak yatim tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama Forkopimda serta OPD terkait di Balai Kota Kediri.

Abdullah mengungkapkan, kegiatan pemberian santunan anak yatim kerap dilakukan mengawali memperingati Hari Jadi Kota Kediri maupun mendekati Lebaran, “Jadi ini rutinan yang kita biasakan supaya kita ya setidaknya bisa memberikan suplemen,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya kali ini, jumlah penerima santunan yakni sebanyak sekitar 1641 anak, berasal dari 46 kelurahan yang ada di 3 kecamatan di Kota Kediri, “Jumlahnya ga pasti juga ini kita ambil dari setiap kelurahan,” tuturnya.

Menanggapi ditemukannya ada penerima santunan yang putus sekolah, Abdullah mengatakan, “Itu lagi diurusin untuk ikut kejar paket, jadi pas ngobrol tadi memang ada yang ternyata putus sekolah dari SD.”

“Tapi dia sudah kerja gitu ya, saya suruh ikut Kejar Paket supaya siapa tahu nanti dia mau pindah kerja atau kerja di tempat lain itu setidaknya punya ijazah SMA,” lanjutnya.

Selain itu ada juga yang mencari beasiswa, “Mau cari beasiswa di merdeka belajar ini tadi saya suruh nunggu di sana, ya kadang-kadang kita masih aja nemu hal-hal seperti itu,” urai Abdullah.

“Tapi kita bersyukur kalau ada yang mau ngomong gitu dan tentu ini adalah tanggung jawab pemda gitu ya supaya anak-anak tidak ada yang putus sekolah, kita cari terus anak-anak yang putus sekolah itu,” tegasnya.

Abdullah menambahkan pesan dan motivasi kepada anak yatim, “Walaupun yatim enggak apa-apa, karena saya juga anak yatim, jadi kalau ada adik-adik yang yatim enggak usah kecil hati tetep aja harus belajar sungguh-sungguh, peluang sekarang banyak tidak hanya di dunia pekerjaan yang nyata karena pekerjaan-pekerjaan yang bisa dicari melalui virtual itu juga sekarang juga semakin banyak.”

“Contohnya seperti jualan online, membuat desain secara online menjual desain menjual foto dan masih banyak yang lainnya sekarang itu sangat terbuka sekali banyak pekerjaan-pekerjaan yang bisa kita tangkap di dunia nyata maupun di dunia virtual,” pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Paulus Luhur Budi Prasetya menyebutkan, pemberian santunan anak yatim dalam rangka Hari Jadi Kota Kediri ke 1144 ini kebetulan berbarengan dengan anak-anak menghadapi tahun ajaran baru, masuk sekolah.

“Sehingga uang yang diperoleh atau santunan yatim yang diperoleh ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan membeli alat-alat tulis untuk mendukung kebutuhan sekolahnya,” harapnya, nilai santunan yakni Rp. 300 ribu per penerima, usia penerima santunan mulai dari TK sampai SMA. (Adv) (A Rudy Hertanto)

INDEX